Cara Meload gambar dengan xml di flash adalah artikel yang ane suguhkan kali ini dan ane harap bisa menjadi sebua pembelajaran,...sebenarnya banyak cara untuk meload gambar ke flash,.. salah satunya adalah dengan xml.
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet..
ocke langsung aja ni caranyanya Cara Meload gambar dengan xml di flash :
Oke, langsung kita mulai cara-caranya :
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet..
ocke langsung aja ni caranyanya Cara Meload gambar dengan xml di flash :
Oke, langsung kita mulai cara-caranya :
- Buat sebuah file baru ActionScript 2.0 minimal menggunakan Macromedia Flash 8.
- Kemudian buat sebuah file baru dari notepad, beri nama yaitu data.xml, kemudian isikan dengan teks berikut :
gedung.png pasar.png pantai.png
- Kemudian kembali pada dokumen flash, dan tekan F9 pada frame 1 layer 1 agar muncul panel Actions
- Kemudian ketikkan script berikut :
//deklarasi variabel xml var xml:XML = new XML(); //maksudnya kita tidak mempedulikan adanya spasi antara tag-tag xml xml.ignoreWhite=true; //mengeksekusi load xml.load("data.xml"); //memberikan event load xml.onLoad = function(sukses:Boolean) { if (sukses == true) { //jika berhasil di-load trace("xml berhasil diload."); var nodeUtama:XMLNode = xml.firstChild; //Node Konfigurasi var arrayNode:Array = xml.firstChild.childNodes; //Array for (var i:Number = 0; i < arrayNode.length; i++) { var node:XMLNode = arrayNode[i]; var name = node.attributes.name; //Atribut name pada node gambar var nilai = node.firstChild.nodeValue; //isi dari node gambar trace(name+"="+nilai); //membuat movieclip baru var mc = _root.createEmptyMovieClip(name,i); //mengatur letak movieclip mc._x = i*100+25; mc._y = i*60+20; //mengambil gambar, dan memasukkannya ke dalam movieclip yang baru tadi loadMovie(nilai,mc); } } else { //jika xml tidak berhasil diload trace("xml tidak berhasil diload."); } };
- Sekarang kita save file flash kita ke dalam sebuah folder (foldernya bisa di mana saja).
- Tambahkan 3 buah gambar sesuai dengan isi dari data di dalam xml, yaitu :
- gedung.png
- pasar.png
- pantai.png
- Kemudian jika sudah selesai, kembali ke flash dan lakukan Test Movie ( Ctrl + Enter ), maka hasilnya seperti berikut :
1. Download Source Code disini
0 komentar:
Post a Comment