WHAT'S NEW?
Loading...

Membuat Kursor Bubble



       Sebelumnya saya telah memberikan tutorial tentang Mengganti kursor di flash
Pada kesempatan ini saya mencoba memberi masukan tentang bagaimana "Membuat Kursor Bubble" Kalian pasti udah tau artinya bubble , yaitu gelembung . Nah , di sini juga begitu. Kalian akan diajari untuk membuat kursor mouse yang berbentuk gelembung2 . Gelembung di sini juga bisa diatur jumlahnya lho .Nah , lihat nih, previewnya .




Nah ... gini caranya .
  1. At first ...Buka program Macromedia Flash...
  2. Buat objek "lingkaran dengan warna cuma luarnya saja...(look at picture bellow...)" .

  3. Klik kanan gambar lingkaran.> Convert to symbol
  4. Pilih Movie clip> beri nama sesuai keinginan > klik "OK"
  5. Double klik pada objek lingkaran 
  6. Perhatikan bagian Frame Controller . Lihat gambar panah dan dalam objek yang Anda buat harus seperti tampilan tersebut.
  7. Klik kanan gambar lingkaran lagi > Convert to symbol > Movie clip
  8. Letakan kursor pada jendela "Timeline" pada angka 15
  9. Masukkan keyframe dengan cara tekan "F6" keyboard
  10. klik kanan > Create motion tween
  11. Gerakkan objek sembarang tempat yang Anda inginkan .

     
  12. Ganti warna pada objek yang telah Anda gerakkan dengan melihat di jendela "Properties" menjadi "Alpha", ganti angkanya dengan angka "0".
  13. Mainkan animasi Anda .
  14. Buat layer baru untuk tempat script . MaSkkan di akhir frame sebuah keyframe .Tuliskan sript stop(); di keyframenya dengan tekan F9 keyboard .

  • Kembali ke Scene . Lalu , lakukan Linkage pada Symbol 1 yang telah Anda buat .


  • Beri centang pada Export for Action script, dan ganti namanya. Ingat !!! Nama tidak boleh memiliki unsur spasi . 

  • Hapus objek lingkaran yang ada di scene
  • Letakkan script berikut ini di keyframenya.
    var i:Number = 0;
    this.createEmptyMovieClip("canvas_mc", 50);
    var myListener:Object = new Object();
    Mouse.addListener(myListener);
    myListener.onMouseMove = function() {
        var t:MovieClip = canvas_mc.attachMovie("bubble", "bubble"+i, canvas_mc.getNextHighestDepth());
        i++;
        t._x = _xmouse;
        t._y = _ymouse;
        t._xscale = t._yscale=(Math.random()*80)+20;
    };

  1. Teks yang tercetak tebal adalah nama objek yang Anda Linkage . Jika namanya berbeda maka harus diubah juga.

0 komentar:

Post a Comment