WHAT'S NEW?
Loading...

Dispatching Custom Events

Dispatching Custom Events
Dispatching Custom Events

Kali ini kita akan mencoba membahas Dispatching Custom Events(dispatchEvent()) pada sebuah class.., dispatchEvent() itu terkandung pada EventDispatcher class,..Kegunaannya untuk memanipulasi sebuah fungsi dalam methods, agar lebih jelas.. baiknya kita langsung melihat penerapannya



dispatchEvent(new Event("my event"));

hal ini akan mengcostum event yang kita inginkan menjadi my event

sebagai contoh seumpama saya memiliki sebuah class yang saya beri nama custumclick.as berada pada folder CustumEvents kemudian folder CustumEvents berada pada folder PustakaFlash kemudian folder PustakaFlash saya letakkan di folder com,....lalu saya isikan script berikut pada custumclick.as




package com.PustakaFlash.CustumEvents
{
	import flash.display.*;
	import flash.events.MouseEvent;
	import flash.events.Event;
	public class custumclick  extends Sprite
	{
		
			public function custumclick(btn)
		{
			btn.buttonMode=true;
			btn.addEventListener(MouseEvent.CLICK, buttondiklik1,false,0,true);
						
		}
		public function buttondiklik1(event:MouseEvent)
		{
			dispatchEvent(new Event("my event"));//dispatchEvent
		}

		
	}

}

nah dalam pemanggilannya pada timeline,.. adalah sebagai berikut ....



import com.PustakaFlash.CustumEvents.custumclick;// ini untuk mengimpor atau include costum click

var btnRemove= new custumclick(btnRemove);//ini mendefinisikan variabel dan objek yang diklik yaitu btnRemove

btnRemove.addEventListener("my event", testHandler);

function testHandler(event:Event):void
{
	trace("button 1");
}


Jika anda melakukan dengan benar maka ketika anda mempublis dan kemudian mengklik btnRemove maka pada output panel akan menghasilkan




button 1

Terlihat jelas sekali yang biasanya bila kita mengaktifkan sebua movieclipt/ button dengan scripth ini



btnRemove.addEventListener(MouseEvent.CLICK, testHandler);

Kini telah kita gantikan dengan



btnRemove.addEventListener("my event", testHandler);

jika ingin Perapannya dalam event constant kita harus merubah custumclick.as menjadi seperti ini




package com.PustakaFlash.CustumEvents
{
	import flash.display.*;
	import flash.events.MouseEvent;
	import flash.events.Event;
	public class custumclick  extends Sprite
	{
		
		public static const click_btn:String = "btn";
		public function custumclick(btn)
		{
			btn.buttonMode=true;
			btn.addEventListener(MouseEvent.CLICK, buttondiklik1,false,0,true);
						
		}
		public function buttondiklik1(event:MouseEvent)
		{
			dispatchEvent(new Event(custumclick.click_btn));//ddispatchevent
		}

		
	}

}

kemudian pada timeline script kita rubah menjadi seperti ini



import com.PustakaFlash.CustumEvents.custumclick;// ini untuk mengimpor atau include costum click

var btnRemove= new custumclick(btnRemove);//ini mendefinisikan variabel dan objek yang diklik yaitu btnRemove

btnRemove.addEventListener(custumclick.click_btn, testHandler);

function testHandler(event:Event):void
{
	trace("button 1");
}


ini akan merubah MouseEvent.Click menjadi



btnRemove.addEventListener(custumclick.click_btn, testHandler);

By Ricko nada di Pustaka Flash terima kasih telah membaca :) Dispatching Custom Events :)

0 komentar:

Post a Comment