Trace
Sekarang langsung saja kita masuk pada sebuah kasus. Untuk perkenalan, kasus pertama yang akan kita pelajari adalah mengmbuat pesan di layar output. Syntak pertama yang akan kita gunakan adalah trace. Trace digunakan untuk menampilkan pesan pada jendela output pada flash. Untuk lebih jelasnya mari kita mencobanya :
syntak : trace (pesan)
Contoh : trace (“mencoba trace”)
Gambar 1.2
pesan trace dalam Jendela output
lalu tekan Ctrl+Enter untuk mengetes movie clip atau klik contol > Test movie.
Jika jendela Output tidak terlihat tekan F2. Trace juga mendukung untuk di jalankan berkali-kali, sekarang untuk mencobanya kita akan mengunakan angka sebagai media sekalian mencoba menggunakan operator berhitung.
Contoh script:
n = 4;
trace(n+1);
//hasil di outputnya : 5
trace(n*3);
//hasil di outputnya : 12
trace(n-1);
//hasil di outputnya : 3
trace(n/2);
//hasil di outputnya : 2
trace(n%3);
//hasil di outputnya : 1
Sekarang Tes movie anda!!.
Hasil yang terlihat pada layar output hanya angka-angka hasil operator dalam trace saja. Sedangkan semua kalimat yang di depannya diberi tanda “//” tidak akan berpengaruh pada layar output. Kenapa ? karena setiap kalimat yang didepannya diberi tanda “//” melambangkan sebuah komentar sehingga ketika di eksekusi kalimat-kalimat tersebut tidak akan berpengaruh.
0 komentar:
Post a Comment